Nilai dan Tipe Data Pada JavaScript

Sebetulnya kalau kita bisa melihat jauh kedalam komputer kita, kita akan melihat data.

kita bisa memodifikasi, membuat data baru dan menghapusnya, nah semua data ini tersimpan kedalam sebuah rangkaian bit. apa itu bit ?

Bit adalah: “Satuan terkecil dari data yang ada didalam komputer kita” disebut juga dengan Binary Digit atau bilangan biner. Nilai nya itu hanya 0 dan 1 saja, kenapa ? karena secara elektronika atau hardware didalam komputer kita digit/nilai 1 itu terjadi ketika salah satu komponen didalam komputer kita yang namanya transistor itu di aliri oleh listrik. jadi ketika transistor di aliri listrik maka terjadilah digit/nilai 1. dan saat transistor tersebut tidak dialiri listrik. tentu saja didalam komputer kita sekarang sudah tidak ada transistor ekarang sudah diganti menjadi ram.

Sebetulnya penjelasan diatas hanya sedikit gambaran saja, dari pada kalian bingung, langsung saja kita bahas ke intinya

Baca Juga: Sejarah Dan Perkembangan JavaScript

JavaScript memiliki 6 tipe data

  • Number
  • String
  • Boolean
  • Object
  • Function
  • Undifined

Jadi ini adalah peran dari bit-bit yang ada didalam komputer kita, nanti untuk membuat nilai yang memiliki salah satu tipe data di atas, yang perlu kita lakukan hanya memanggil namanya

Javascript adalah bahasa yang bersifat dynamic typing, artinya kita tidak harus menuliskan tipe data pada saat pembuatan variabel seperti pada bahasa CC++Java, dsb. yang bersifat static typing.

Contoh:

var nama = 'Wanda Azhar';
var noHp = 081288342000;
var status = true;
<< Kembali
Katen Doe

Wanda Azhar

Hello, I’m a content writer who is fascinated by content fashion, celebrity and lifestyle. She helps clients bring the right content to the right people.

Leave Comment

wave

Press ESC to close